Rabu, 01 Februari 2012

10 Tips Menurunkan Risiko Terkena Kanker Payudara

Di jaman modern ini ketika semua hal termasuk makanan bisa didapatkan dengan instan membuat kita menjadi mudah terserang berbagai penyakit termasuk kanker payudara. Oleh karena itu pilihan sepenuhnya ada di tangan kita, kita bisa mengkonsumsi jenis makanan yang tidak sehat atau justru memilih makanan dan nutrisi tertentu yang baik bagi kesehatan.
Sebuah laporan dari American Institute of Cancer Research (Makanan, Nutrisi, dan Pencegahan Kanker: perspektif global, 1997) menyebutkan jenis makanan apa saja yang menjadi penyebab kanker payudara dan jenis makanan yang berpotensi menurunkan resiko kanker payudara.
Berikut ini 10 kesimpulan American Institute of Cancer perihal jenis makanan yang berpotensi meningkatkan dan menurunkan kemungkinan anda terjangkit kanker payudara:
  1. Perbanyak memakan buah. Bahkan buah-buahan tertentu disebut dapat mengobati kanker payudara. Buah-buahan memiliki banyak zat antioksidan, fitokimia, dan tinggi serat.
  2. Perbanyak konsumsi sayur. Sama dengan buah, sayur-sayuran juga memiliki zat anti oksidan yang tinggi, fitokimia dan tinggi serat.
  3. Masukkan makanan yang kaya zat karotenoid (Carotenoid) seperti melon, mangga, bit hijau, butternut squash, cabai, hijau dandelion, dermaga / hijau coklat kemerah-merahan, labu Hubbard, kangkung, sawi, labu, bayam, ubi jalar, swiis lobak, lobak hijau, labu musim dingin, dan ubi jalar ke dalam menu anda sehari-hari.
  4. Makan lebih banyak serat, terutama dari jenis biji-bijian. Fitokimia yang terdapat dalam biji-bijian dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker usus besar dalam studi yang dilakukan pada hewan.
  5. Menjaga konsumsi lemak, baik itu lemak jenuh dan lemak hewani moderat. Para peneliti masih mencari tahu apa dan berapa jumlah lemak serta jenis lemak dalam makanan kita yang meningkatkan risiko terkena kanker payudara.
  6. Beralihlah ke lemak tak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa minyak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun dan kanola, tidak memiliki efek menimbulkan kanker (Journal of American Dietetic Association, 97:16 1997).
  7. Kurangi konsumsi alkohol atau berhenti sama sekali. Setidaknya 50 penelitian menunjukkan bahwa alkohol memiliki peran meningkatkan resiko kanker payudara.
  8. Lakukan variasi dalam menu makanan. Makan berbagai jenis makanan akan memberikan berbagai nutrisi dan fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh.
  9. Cobalah untuk menjaga berat badan ideal yang sesuai dengan usia Anda. Sebuah penelitian di Harvard University menunjukkan bahwa wanita yang mengalami pertambahan berat badan sebanyak 44 sampai 55 pound (20 kg) setelah umur 18 tahun memiliki risiko dua kali lipat terkena kanker payudara saat memasuki masa menopause, dibandingkan dengan wanita yang hanya bertambah beberapa kilogram saja.
  10. Cobalah untuk berolahraga minimal 4 jam seminggu. Beberapa studi telah menemukan penurunan risiko kanker payudara di kalangan wanita yang berolahraga secara teratur saat usia masih remaja.
Selain mengkonsumsi jenis makanan yang sehat dan direkomendasikan di atas, setiap orang sebaiknya juga menghindari beberapa jenis makanan penyebab kanker payudara seperti daging, lemak, kafein, alkohol dan kedelai.
Berikut ini beberapa tips tambahan bagaimana mencegah kanker payudara dengan memperbaiki gaya hidup dan pola makan sehari-hari:
  • Beberapa peneliti mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa mengkonsumsi atau menghindari jenis makanan tertentu dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara. Tapi meski demikian, mengikuti pola dan jenis makanan seperti yang disebutkan di atas juga akan membantu anda mencegah banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, osteoporosis, diabetes tipe-II, dan obesitas.
  • Beberapa gejala kanker payudara dapat diketahui secara fisik tapi umumnya setelah kanker telah menjadi ganas. Untuk itu lakukan tes mammogram tahunan dan tes individual pada payudara setiap bulan untuk mengantisipasi sejak dini
  • Hanya sekitar 5% dari wanita dengan kanker payudara yang memiliki sifat herediter (keturunan). Para wanita ini biasanya menderita kanker payudara sebelum menopause dan memiliki beberapa anggota keluarga dengan penyakit yang sama.
  • Pilih minyak goreng tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun dan minyak canola. Gunakan minyak zaitun untuk salad pasta, salad dressing, dan resep Italia dan Mediterania dan gunakan minyak canola untuk menggoreng oven, memanggang dan menumis.
  • Para peneliti di Harvard School of Public Health, memperkirakan bahwa minum 2 sampai 5 minuman beralkohol sehari meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker payudara lebih dari 40% dibandingkan dengan yang bukan peminum.

Ditulis Oleh : Rocky Style // 04.56
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Keterangan Blogroll

Blogroll
Exchanger Link
Image
Copy Paste Kode Ini Di Blog Anda

Free SEO Tools

Free SEO Tools

Image Image Image Desta17 Image Bloggers - Meet Millions of Bloggers
Diberdayakan oleh Blogger.