Senin, 26 Maret 2012

Organ-organ Tubuh Yang Menakjubkan


Hot Science Stories



Keajaiban Otak
Otak manusia memiliki 1.000.000.000 (1 milyar) sel saraf yang saling berhubungan laksana simpul-simpul pada sarang laba-laba. Simpul-simpul benang ini merupakan perwujudan dari jaringan saraf yang berhubungan dengan setiap bagian tubuh. Jaringan ini merupakan gambaran dari berbagai perangkat pelepas dan penerima informasi. Ia yang menangkap informasi dan melepaskannya ke otak.
Hal yang mengagumkan, otak pun akan merespon informasi itu. Proses penerimaan dan penyebaran informasi itu berlangsung sangat cepat hingga mencapai 70 mil (70 x 1,609 km = 112,63 km) per jam. Dengan kata lain, proses itu membutuhkan se per sekian detik di dalam tubuh untuk sampai pada batas bahwa otak bisa menangkap segala peristiwa dengan sangat cepat.
Ada lagi hal yang lebih mengagumkan, menurut para ilmuwan, untuk memperlancar proses yang terjadi di dalam otak dengan menggunakan komputer, kita membutuhkan ruang sebesar wilayah New York untuk memasang semua perangkat itu. Sementara itu, menurut Prof. Dr. Ing, BJ. Habibie “Jika manusia dengan teknologi komputer sekarang ingin membuat otak manusia, maka diperlukan komputer sebesar bola dunia, dan menurut dia pula, bahwa kapasitas otak manusia sangat luar biasa, yaitu satu miliar megabites. Maha suci Zat yang telah menghimpun tempat yang rumit dan kecil ini dengan memiliki kemampuan istimewa.
Keajaiban Paru-paru
Paru-paru manusia terletak di dalam rongga dada dan di atas diafragma. Paru-paru manusia berjumlah sepasang, yaitu paru-paru kiri (dua gelambir atau lobus) dan paru-paru kanan (tiga lobus). Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut pleura. Di dalam paru-paru, tepatnya di ujung bronkus yang bercabang (bronkiolus) terdapat alveolus. Alveolus merupakan saluran akhir dari alat pernapasan yang berupa kantong-kantong kecil (seperti untaian buah anggur), berdinding tipis dan lembap, serta terbungkus oleh anyaman kapiler darah. Di dalam alveolus terjadi pengeluaran karbon dioksida (CO2) dan penyerapan oksigen (O2) oleh sel darah merah (eritrosit).
Hal yang mengagumkan, di dalam paru-paru kita terdapat kurang lebih 300.000.000 alveoli (jamak dari alveolus). Jika masing-masing alveolus dilebarkan atau dibentangkan kemudian disambung-sambungkan, maka luas alveoli setara dengan luas permukaan ± 80 meter persegi. Adanya kantung-kantung alveolus yang banyak itu merupakan anugrah Allah Swt kepada manusia yang tidak ada bandingannya, sehingga memungkinkan terjadinya perluasan daerah permukaan yang berperan untuk pertukaran gas. Bayangkan permukaan seluas itu bisa terpasang di dalam rongga dada kita.
Keajaiban Hidung
Hidung selain sebagai saluran pernapasan, juga merupakan organ yang berfungsi sebagai indra penciuman. Dengan indra inilah manusia mampu mengetahui berbagai macam bau, sehingga mampu membedakan aroma telur busuk dan aroma minyak wangi. Proses penciuman yang terjadi pada manusia, sebenarnya lebih banyak melibatkan organ kecil di rongga hidung bagian atas, yang berhubungan dengan otak bagian depan yang dikenal sebagai wilayah penciuman.
Hal yang mengagumkanrongga hidung dilengkapi 6 juta reseptor yang berupa sel reseptor olfaktori, dengan jumlah reseptor yang banyak itu, hidung manusiamampu membedakan sekitar 10.000 jenis bau.
Keajaiban Mata
Mata merupakan indera manusia yang memiliki kemampuan untuk menangkap bayangan bermacam benda (penglihatan). Allah Swt merangkai struktur mata dalam tujuh lapisan, setiap lapisan memiliki sifat dan bentuk tertentu. Bila salah satu lapisan ini tidak berfungsi, manusia tidak akan bisa melihat. Dengan kedipan kelopaknya yang super cepat, mata bisa terlindung dari benda luar yang berbahaya, seperti debu dan lainnya. Selain itu, setiap kali kita berkedip akan dipoleskan lapisan air mata (tear film) pada permukaan mata agar gerak bola mata kita tidak kaku. Demikian pula dengan enzim Lisozim yang terdapat pada air mata yang berfungsi sebagai disinfektan, sekitar 90-95 persen bakteri yang masuk ke dalam mata dapat dibunuh hanya dalam waktu 5 menit. Enzim ini memiliki kemampuan menghancurkan dinding sel bakteri yang bersifat kaku yang merupakan lapisan pelindungnya.
Hal yang mengagumkandari 529 otot di dalam tubuh manusia, terdapat 24 otot di mata yang berfungsi untuk menggerakkan mata berikut kelopaknya. Bila salah satu otot saja tidak ada, maka fungsi mata akan tidak normal. Selain itu,pada retina mata tersusun kurang lebih 125.000.000 sel-sel batang (sel basilus)yang mampu menerima rangsang cahaya tidak berwarna dan untuk melihat pada keadaan cahaya redup. Selain sel batang, pada retina mata juga terdapat kurang lebih 7.000.000 sel kerucut (sel konus) yang berfungsi menerima rangsang cahaya kuat dan berwarna. Sel kerucut lebih banyak terdapat pada bagian bintik kuning (fovea centralis). Jadi bila ingin melihat suatu benda dengan jelas, maka bayangan harus jatuh di bagian ini.
Keajaiban Jantung
Panjang jantung 12,5 cm, lebarnya 8,5 cm. Beratnya ketika manusia di lahirkan mencapai 25,20 gram. Pada manusia dewasa beratnya mencapai 310 gram bagi laki-laki dan 225 gram bagi perempuan.
Hal yang mengagumkan, secara normal jantung berdenyut 75 kali setiap menit dan melepas kira-kira 70 ml darah setiap denyut. Dengan demikian, keluaran jantung (70 x 75 ml/menit) = 5250 ml/menit. Ini artinya kira-kira sebanyak 5000-5250 ml darah dikirimkan ke jaringan setiap menit. Dengan begitu, dalam satu hari satu malam jantung telah memompa darah sebanyak 7.560.000 ml (60 menit x 24 jam x 5250 ml) atau 7.560 lliter (hampir setara dengan satu seperempat kali tangki minyak tanah yang volumnya 5000 liter) dengan 108.000 denyutan (60 menit x 24 jam x 75 denyut). Dalam hitungan tahun, jantung manusia telah berdenyut sekitar 38.880.000 kali dan telah memompa darah sekitar 2.721.600 liter (360 x 7.560 l). Dalam hitungan usia, kita bisa mengatakan bahwa manusia yang mencapai usia 75 tahun, telah melakukan sekitar2.916.000.000 (± 3 milyar) denyut jantung dan memompa darah sekitar204.120.000 liter (75 x 2.721.600 l), kurang lebih 200 juta liter darah telah dipompa oleh jantung atau setara dengan 40.000 tangki minyak tanah. Maha suci Zat yang telah menciptakan perangkat sebesar ukuran kepalan tangan dengan kemampuan seistimewa itu.
Keajaiban Pembuluh Darah
Pembuluh darah adalah jaringan yang bersambung dan menempel pada badan. Panjang perjalanan yang ditempuh darah dalam pembuluh darah manusia mencapai 40.000 kilometer. Sumber lain mengatakan, bahwa sistem pembuluh darah terdiri dari pembuluh darah yang panjangnya sekitar 150.000 km (93.000 mil)
Hal yang mengagumkan, jika diketahui jarak dari kutub utara ke khatulistiwa melalui Paris adalah 10.000.000 m atau 10.000 km, maka panjang pembuluh darah yang ada pada tubuh kita disambung-sambungkan akan setara dengan empat kali perjalanan kutub utara- khatulistiwa atau sama dengan keliling bumi yang melalui kutub-kutubnya. Selain itu, meskipun ukurannya paling kecil, namun jumlahnya sangat besar dan diperkirakan jumlah luas permukaannya mencapai 600 m2.
Keajaiban 1 mm3 Darah
Darah terdiri atas dua komponen, yaitu plasma darah (55%) dan bagian padat (45%). Plasma darah merupakan bagian darah yang berbentuk cair dan berwarna kekuningan. Dalam plasma darah terkandung berbagai zat, antara lain: macam-macam protein, seperti fibrinogen, protrombin, albumin, dan globulin; garam mineral, seperti K, Na, Ca; sari makanan, seperti glukosa, asam amino, asam lemak, gliserol, dan vitamin; enzim, hormon, antibodi, dan antigen; sisa metabolisme, seperti urea, asam urat; gas-gas, seperti O2 dan CO2. Fibrinogen dan protrombin berguna dalam pembekuan darah, sedangkan globulin untuk pembentukan kekebalan tubuh atau antibodi. Plasma darah tanpa fibrinogen disebut serum. Serum mengandung banyak antibodi yang berguna untuk melawan kuman penyakit.
Bagian padat terdiri atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping-keping darah (trombosit). Eritrosit berbentuk pipih, cekung (bikonkaf), dan tidak berinti. Eritosit berfungsi mengedarkan O2 ke seluruh tubuh. Sel darah putih (leukosit), bentuknya tidak tetap, berinti, dan tidak berwarna. Leukosit berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman penyakit. Jika terjadi infeksi, jumlahnya dapat meningkat menjadi 25.000 sel/mm3. Keping darah (trombosit)t berfungsi dalam proses pembekuan darah.
Hal yang mengagumkanDalam 1 mm3 darah terdapat lebih kurang 5.400.000 eritrosit, 6000 – 9000 leukosit, dan 250.000 trombosit. Sementara, dalam kondisi normal, volume darah setiap orang lebih kurang 5 liter. Bisa dibayangkan berapa banyak eritrosit, leukosit, dan trombosit yang terdapat di dalamnya. Hal lain yang mengagumkanbahwa untuk menjaga jumlah normal eritrosit, tubuh harus menghasilkan sel dewasa baru pada kecepatan 2 juta setiap detik.
Keajaiban Usus halus
Usus halus merupakan alat pencernaan tempat penyerapan berlangsungnya sari-sari makanan oleh sel-sel tubuh Usus halus mempunyai panjang sekitar 5,5 hingga 7 meter. Pada permukaannya dirapatkan menjadi ratusan lipat dan dilapisi dengan ribuan tonjolan mirip jari (jonjot usus). Kalau diratakan, dindingusus yang mirip jari ini akan setara dengan permukaan seluas 4.500 meter persegi, lebih kurang seluas lapangan sepak bola. Adanya perluasan dinding usus tersebut, memungkinkan penyerapan sari-sari makanan menjadi efektif.
Bayangkan tempat yang memiliki permukaan seluas itu bisa terpasang di sana. Demikianlah cara Allah Swt. menyayangi makhluk bernama manusia.
Keajaiban Enzim
Dalam tubuh manusia dikenal ada beberapa enzim yang membantu berlangsungnya proses pencernaan makanan, seperti kelenjar air liur di mulut menghasilkan enzim yang bekerja memecah molekul zat tepung disebut enzimptialin. Enzim ptialin mengubah amilum menjadi zat gula yang disebut maltosa.
Pada lambung terdapat enzim dan asam lambung. Enzim-enzim lambung antara lain pepsin dan rennin. Enzim pepsin berasal dari pepsinogen yang telah diubah oleh asam lambung. Pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton. Renninberfungsi menggumpalkan protein yang terdapat pada susu.
Pankreas menghasilkan enzim tripsin, berfungsi merombak protein menjadi asam amino. Selain tripsin, pankreas juga menghasilkan amilase yang mengubahamilum menjadi zat gula yang disebut maltosa dan enzim lipase yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
Hal yang mengagumkan, Apa yang terjadi jika dalam proses pencernaan tidak terdapat enzim. Sepotong daging yang kita makan, bila tanpa berbagai perangkat yang telah diberikan Allah Swt. untuk proses mencerna, membutuhkan waktu ± 50 tahun untuk bisa dicerna jika ia langsung masuk ke dalam perut tanpa enzim. Ini berarti untuk menguraikan sepotong daging yang masuk kedalam perut dibutuhkan waktu ± 50 tahun. Bayangkan berapa potong yang kita makan setiap hari dapat dicerna oleh bantuan enzim dengan waktu yang sangat cepat. Maha suci Zat yang telah mempersingkat proses se-lama itu menjadi singkat dan cepat.
Keajaiban DNA
Tubuh manusia terdiri atas sel-sel. Banyaknya sel dalam tubuh manusia adalah sekitar 75.000.000.000.000 (75 triliun). Di dalam tiap sel manusia terdapat satu nukleus, kecuali butir darah merah. Dalam nukleus tedapat satu set cetak biru (pembawa sifat keturunan) tubuh manusia. Cetak biru ini berpilin atau bergelung dalam 46 paket atau 23 pasang kromosom, yang di dalamnya terkandung DNA. Panjang DNA dalam kromosom per sel adalah 2 meter. Jika jumlah sel per orang sekitar 75.000.000.000.000, maka apabila sejumlah DNA yang terdapat pada tubuh seorang manusia dihubung-hubungkan maka panjangnya 2 x 75.000.000.000.000 = 150.000.000.000.000 (150 triliun meter) atau 150.000.000.000 (150 milyar) km.
Hal yang mengagumkanjika jarak matahari-bumi adalah 150.000.000 km, maka apabila seluruh DNA dalam tubuh kita disambung-sambung, panjangnya sebanding dengan 100 kali jarak matahari bumi. Maha suci Zat yang telah menghimpun rangkaian sepanjang itu pada tempat yang rumit dan kecil.
Keajaiban Kulit
Kulit menjadi pelindung terpenting bagi tubuh seseorang karena kulit merupakan organ manusia yang langsung berhubungan dengan dunia luar. Kulit juga merupakan salah satu anggota tubuh yang paling besar dengan bobot berat mencapai kurang lebih 15 kg pada kulit orang dewasa.
Kulit merupakan anggota tubuh yang paling pertama menerima stimulus atau rangsangan dari luar, mulai dari merasakan dingin, panas, merasa tersentuh, merasakan tekanan, dan sakit.
Hal yang mengagumkanKulit seseorang memiliki sekitar 2,5 juta kelenjar keringat yang mempunyai peran besar dalam pengontrolan panas tubuh pada musim panas. Dalam 1 cm3 kulit dari jarak bagian atas tubuh, mengandungsekitar 3.000.000.000 sel, 3.000 sel saraf terutama untuk pancaindra, 100 kelenjar keringat, 15 kelenjar minyak, 10 saluran kapiler, dan 1 m saluran pembuluh darah. Maha suci Zat yang telah menghimpun perangkat sebanyak itu pada tempat yang rumit dan kecil.
Keajaiban Ginjal
Ginjal adalah salah satu dari organ tubuh yang mempunyai fungsi untuk pembentukan kemih atau air seni (air kencing) dan ekskresi di dalam tubuh, yaitu menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Ginjal berfungsi mengatur keseimbangan keadaan cairan, garam, asam dan kadar darah dalam tubuh. Disamping itu ginjal berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, misalnya air, garam, dan racun.
Manusia memiliki dua buah ginjal yang tedapat di belakang rongga proteinuria pada kedua sisi tulang belakang sampai ke bawah bagian tengah tulang belakang. Bentuk ginjal seperti kacang berwarna merah maron. Panjang ginjal sekitar 12 cm, lebarnya 5-6 cm, dan tingginya kurang lebih 3 cm. Dari ukuran tersebut, setiap ginjal sehat memiliki 1 juta nefron (2 ginjal = 2 juta nefron). Setiap nefron terdiri atas badan malphigi renal corpuscle), tubulus kontortus proksimal (panjangnya ± 15 mm) , bagian tipis dan tebal lengkung Henle, tubulus kontortus distal. Masing-masing nefron bermuara pada rongga ginjal (renal pelvis). Rongga ginjal dihubungkan dengan satu urat saluran air (ureter) yang panjangnya mencapai kurang lebih 25 cm yang terletak di tengah ginjal. Saluran air itu merupakan saluran urine yang mengalir ke kantung kemih (tempat penampungan sementara sebelum air seni dikeluarkan).
Hal yang mengagumkanPada setiap orang dewasa, panjang seluruh tubulusdalam ginjal 7,5-15 km. Setiap hari kurang lebih 1.500 liter darah melewati ginjal untuk disaring dan terbentuk 150-170 liter urine primer. Namun demikian, hanya 1-1.5 liter urine yang dikeluarkan. Maha suci Zat yang telah menciptakan alat sekecil itu dengan kemampuan seistimewa itu.
Keajaiban Tulang Ekor
Tulang ekor merupakan empat ruas tulang yang bersenyawa menjadi satu, terletak di ujung bawah tulang belakang melengkung ke arah dalam atau depan. Keajaiban tulang ekor, Rasulullah Saw bersabda, “Lalu turunlah air dari langit, lalu tumbuhlah dengan air itu sebagaimana tumbuhnya tanaman dan tidak ada satu pun yang selamat kecuali sebuah tulang, yakni tulang ekor,” (HR Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Al-Nasai, dan Malik).
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. yang mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Seluruh anggota tubuh manusia akan musnah dimakan tanah, kecuali tulang ekor. Dari tulang itulah manusia akan dibentuk dan diciptakan kembali,” (HR Al-Bukhari, Al-Nasai, Abu Dawud, Ibn Majah, Ahmad, dan Malik).
Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah r.a. yang mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Dalam tubuh manusia terdapat sebuah tulang yang tidak akan dimakan tanah selama-lamanya. Dari tulang itulah manusia akan dibentuk kembali pada Hari Kiamat kelak. Para sahabat bertanya, ‘Tulang apakah itu wahai Rasulullah Saw?’ ‘Itulah tulang ekor!’ jawab Rasulullah Saw (HR Al-Bukhari, Al-Nasai, Abu Dawud, Ibn Majah, Ahmad, dan Malik).
Ilmuwan muslim pada paruh kedua abad ke-20 telah mendasarkan pemahaman mereka mengenai kemukjizatan hadis tentang tulang ekor ini pada kaidah pengetahuan yang paling dasar, yaitu “Tulang ekor merupakan bagian pertama yang tumbuh dari janin, biasa disebut dengan primitive streak, yaitu bagian utama yang terbentuk pada minggu ketiga”. Hal ini membuktikan kebenaran sabda Rasulullah Saw, “Dari tulang ekorlah kalian akan dibangkitkan.”
Tim peneliti dari Universitas Michigan AS, Ramzi Muhammad dan Ben Chen. Hasil penelitian mereka memberi kesimpulan awal yang menyatakan bahwa sel-sel pada tulang ekor memiliki karakteristik yang membedakannya dengan sel-sel yang berada di bagian tubuh yang lain

Ditulis Oleh : Rocky Style // 22.54
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Keterangan Blogroll

Blogroll
Exchanger Link
Image
Copy Paste Kode Ini Di Blog Anda

Free SEO Tools

Free SEO Tools

Image Image Image Desta17 Image Bloggers - Meet Millions of Bloggers
Diberdayakan oleh Blogger.